Mengenal Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Toyota Innova

Mengenal Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Toyota Innova

Toyota merupakan produsen otomotif terkemuka yang dikenal selalu menghadirkan kendaraan dengan performa yang mumpuni. Terutama dengan adanya promo Innova yang semakin gencar diberitakan berbagai media. Akibatnya, hal tersebut lantas membuat mobil ini menjadi mobil yang bayak diminati masyarakat tanah air.

5 Kerusakan yang sering terjadi

Meskipun Innova merupakan mobil dengan performa yang bagus tapi tentu tidak luput dari kerusakan terutama jika usianya sudah tua. Kerusakannya bermacam-macam tapi ada sekitar 5 kerusakan yang umum dijumpai di masyarakat. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya berikut  kerusakan yang umum terjadi pada mobil Toyota Innova terutama yang berbahan bakar bensin.

  1.   Overheating

Kondisi ini cukup lumrah ditemukan khususnya pada mobil-mobil yang sudah lama digunakan. Gejalanya cukup mudah dikenali yaitu munculnya suara di dalam mesin serta AC yang tidak berfungsi dengan baik. Meski kadang dianggap sepele tapi sebenarnya hal ini bisa sangat merugikan jika dibiarkan terus-menerus.

Penyebab overheating sendiri bermacam-macam namun yang paling sering disebabkan oleh radiator yang tersumbat. Radiator sendiri berfungsi sebagai pendingin sehingga jika komponennya rusak maka besi akan cepat panas. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda mengisi alat ini dengan cairan yang tepat yaitu coolant dan bukan air biasa.

Radiator seharusnya diisi dengan cairan khusus namun banyak yang menggantinya dengan air biasa atau bahkan coolant palsu karena alasan harga. Padahal, ini justru berpotensi merusak mesin karena menimbulkan kerak dan kotoran yang menyumbat saluran penting radiator. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memeriksa komponen ini secara teratur.

  1.   Kehilangan tenaga

Hal ini sebenarnya cukup sering ditemukan ketika kendaraan dipakai dalam waktu yang lama. Penyebabnya pun berbeda-beda mulai dari filter bensin,injektor, dan throttle body yang penuh dengan kotoran. Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengecek serta membersihkan filter ketiga komponen tersebut agar performa mobil kembali seperti semula.

Namun, jika ternyata komponen-komponen tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi maka mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Pastikan juga Anda menggunakan suku cadang asli agar meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Meskipun sedikit mahal tapi kualitasnya sepadan dengan yang akan diperoleh.

  1.   Pendingin mobil sering rusak

Meskipun terkesan sepele tapi hal ini akan sangat mengganggu bagi pengemudi. Biasanya kerusakan tersebut ditandai dengan filter AC yang mengalami penyumbatan sehingga membuat hembusan angin yang dihasilkan lebih lemah dari biasa. Selain itu, tanda lainnya adalah AC yang justru mengeluarkan angin panas sehingga justru akan meningkatkan temperatur di dalam mobil.

  1.   Sensor bermasalah

Pada umumnya mobil-mobil Toyota tidak memiliki masalah serius degan sensor-sensor yang dimilikinya. Namun, untuk Toyota Innova sendiri ada beberapa sensor yang perlu perhatian khusus seperti sensor timing belt dan sensor MAF. Kedua sensor penting tersebut sering kurang diperhatikan atau dirawat sehingga kadang bermasalah.

Sebagai contoh, sensor MAF yang berguna untuk menghitung angin yang masuk. Jika sensor tersebut mati maka artinya ada masalah di mesin mobil tersebut sehingga harus diganti dengan yang baru. Sayangnya harga sensor tersebut cukup mahal sehingga lebih baik jika Anda melakukan perawatan rutin.

Untuk masalah seperti ini sebenarnya bisa menyelesaikannya di bengkel besar seperti di Jakarta. Namun, tanpa menggunakan promo Innova terbaru maka kemungkinan biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk meneliti lebih dulu promo yang ditawarkan dealer saat Anda membeli mobil tersebut.

  1.   Mesin berbunyi bising

Pada umumnya,hal ini disebabkan oleh koil yang rusak akibat dimakan usia. Sayangnya banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui hal tersebut sehingga sering mengabaikannya. Akibatnya maka mobil akan pincang dan sulit untuk dikendarai akibat koil bocor dan tidak bisa menembak api sama sekali.

Selain disebabkan oleh koil, kerusakan seperti ini juga bisa disebabkan oleh busi yang aus karena sudah lama digunakan. Oleh sebab itu, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah mengganti komponen-komponen tersebut dengan yang baru. Namun, pastikan Anda menggunakan komponen asli karena hal tersebut nantinya akan memengaruhi performa mobil.

Meski sudah melakukan perawatan sendiri tapi perawatan rutin di bengkel tetap tidak bisa dilupakan. Bagi yang berada di kota besar seperti Jakarta tentu akan lebih mudah melakukannya dengan adanya promo Innova Jakarta di dealer Toyota terdekat. Oleh sebab itu, jangan segan-segan untuk menghubungi dealer terdekat jika ingin menanyakan informasi lengkapnya.

Leave a Reply